Rabu, 03 April 2013

Contoh Makalah Ekonomi Mikro: Analisis Pengaruh Permintaan dan Penawaran Kembang Api

MAKALAH

Analisis Pengaruh Tahun Baru Terhadap Permintaan dan Penawaran Kembang Api

Disusun untuk memenuhi salah tugas mata kuliah Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro




 


                                                                                   






Oleh :

HANI ROHANI
NPM : 101100069
                                     



                                                     
             STIE YASA ANGGANA - GARUT                                                                                         
2011


.................................................



KATA PENGANTAR

            Alhamdulilah,segala puji hanyalah bagi Alloh SWT,Tuhan Pengatur semesta alam,yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang,Pemilik hari kemudian. Hanya atas perkenan,rahmat,dan karunia-Nya,serta atas bantuan semua pihak dan pribadi-pribadi yang berhati mulia,makalah ini dapat di selesaikan. Makalah ini di susun atas tingginya rasa tanggung jawab penulis terhadap kewajiban. Dan di dalam makalah ini,penulis  akan menganalisis tentang “Pengaruh Tahun Baru terhadap Permintaan dan Penawaran Kembang Api”.
            Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih banyak kelemahan dan kekurangan baik dari segi penyajian maupun materinya. Hal ini disebabkan oleh terbatasnya kemampuan dan pengetahuan penulis. Oleh karena itu penulis sangat  mengharapkan saran dan keritik dari semua pihak yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.
            Pada kesempatan ini,sekalipun sulit bagi penulis untuk mengungkapkan satu persatu,namun tanpa mengurangi yang lain ,tak terbendung getar-getar perasaan yang lahir dari lubuk hati yang paling dalam untuk menyampaikan rasa terimakasih khususnya  kepada yang terhormat Bapak Drs.H. Nia Gania Karyana. M.Ec. Dev selaku pemberi materi,yang telah menjadi bagian dalam penyelesaian proses pembuatan makalah ini. Semoga Alloh SWT senantiasa memberikan rahmat dan karunia-Nya.
            Penulis berharap semoga makalah ini akan memberikan manfaat,khususnya bagi penulis sendiri, serta bagi semuanya. Amin.
           




                                                        .................................................




DAFTAR ISI
                                                                                                                                       
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Tujuan Penulisan
C. Metodologi Penelitian

BAB II : LANDASAN TEORI
A.   Definisi Permintaan dan Penawaran
B.   Hukum Permintaan dan Penwaran
C.   Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan
D.   Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Penawaran
E.   Kurva Permintaan dan Penawaran

BAB III : PEMBAHASAN
A.   Permintaan dan Penawaran Kembang Api
B.   Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran Kembang Api
C.   Pengaruh Kembang Api Terhadap Permintaan dan Penawaran Kembang Api
D.   Dampak Positif dan Negatif adanya Pesta Kembang Api pada Tahun Baru

BAB IV : KESIMPULAN DAN SARAN
A.   Kesimpulan
B.   Saran
REFERENSI




                                                            .................................................





BAB I
PENDAHULUAN


A.LATAR BELAKANG
       
Permintaan dan penawaran terhadap kembang api pada tahun baru sudah menjadi tradisi di seluruh dunia khususnya di Garut. Permintaan dan Penawaran kembang api menjadikan situasi ekonomi Garut mengalami perguliran yang sangat pesat,hal itu terjadi karena hampir setiap orang membeli kembang api untuk merayakan tahun baru dan hampir setiap pedagang kebanjiran pembeli.
Dari peristiwa itu maka terjadilah suatu siklus perguliran uang di Garut yang bermula dari Produsen→Distributor→Pedagang Eceran→Konsumen→Produsen. Dan hal itu  terjadi sesuai dengan Teori Keynes bahwa permintaan kembang api  di pengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya :
Ø  Adanya Transaksi
Ø  Berjaga jaga
Ø  Spekulasi
Adapun alasan penulis mengambil judul ini karena penulis ingin mengetahui bagaimana prilaku penjual dan pembeli saat tahun baru terhadap penjualan dan pembelian kembang api (interaksi penjual dan pembeli di pasar) serta seberapa penting kembang api bagi konsumen juga produsen dalam merayakan tahun baru sehingga permintaan dan penawaraan kembang api mengalami kenaikan pesat,padahal kembang api tidak merupakan kebutuhan pokok.



                                                           .................................................



B. TUJUAN PENULISAN

v  Menjelaskan Permintaan dan Penawaran Kembang Api
v  Menjelaskan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran Kembang Api
v  Menjelaskan Pengaruh Tahun Baru terhadap Permintaan dan Penawaran Kembang Api
v  Menjelaskan Dampak Positif  dan Negatif Pesta Kembang Api Pada Tahun Baru

C. METODOLOGI PENELITIAN
           
            Metode penelitian yang penulis gunakan adalah survai deskriptif,yang di dasarkan pada pertimbangan bahwa penelitian ini penulis akan lakukan untuk mempelajari,mengungkapkan dan mencari data tentang kenyataan yang ada saat penulis melakukan penelitian.
            Adapun teknik pengumpulan data yang penulis lakukan adalah sebagai berikut :
1.    Observasi,mengadakan pengamatan langsung ke dunia pasar meski saat itu permintaan dan penawaran kembang api sudah lewat,karena tahun baru sudah terjadi beberapa minggu yang lalu,Namun begitu penulis bisa bertanya pada pedagang kaki lima tentang keadaan pasar ketika tahun baru lalu.
2.    Wawancara,dilakukan dengan informan yaitu salah satu pedagang di Jln.A.Yani , dan kepada masyarakat.


..                                                             .................................................



BAB II
LANDASAN TEORI


A.DEFINISI PERMINTAAN DAN PENAWARAN
                        Permintaan (Demand)
Permintan adalah banyaknya jumlah barang yang diminta pada suatu pasar tertentu dengan tingkat harga tertentu pada tingkat pendapatan tertentu dan dalam periode tertentu.

            Penawaran(Supply)
            Penawaran adalah banyaknya barang yang ditawarkan oleh penjual pada suatu pasar tertentu, pada periode tertentu, dan pada tingkat harga tertentu.
            Keinginan para penjual dalam menawarkan barangnya pada berbagai tingkat harga. Model ini sangat penting untuk melakukan analisis ekonomi mikro terhadap perilaku para pembeli dan penjual, serta interaksi meraka di pasar. Ia juga di jadikan tolak ukur dari berbagai model dan teori lainya. Teori ini memperkirakan bahwa dalam satu pasar yang kompetitif, harga akan menjadi penyeimbang di pasaran antara kualitas yang di minta oleh konsumen dan kualitas yang di tawarakan produsen. Hingga akan terciptalah keseimbangan antara harga dan kualitas suatu barang tersebut. Model ini mengakomodasi kemungkinan adanya faktor-faktor yang dapat mengubah keseimbangan,yang kemudian akan di tampilkan dalam bentuk terjadinya pergeseran dari permintaan atau penawaran.
            Dari uraian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa permintaan merupakan sejumlah barang yang di beli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Sedangkan pengertian penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu.




                                                           .................................................



B.HUKUM PERMINTAAN DAN PENAWARAN

            Hukum permintaan pada hakikatnya merupakan suatu hipotesis yang menyatakan :
            “Hubungan antara barang yang diminta dengan harga barang tersebut dimana hubungan berbanding terbalik yaitu ketika harga meningkat atau naik maka jumlah barang yang diminta akan menurun dan sebaliknya apabila harga turun jumlah barang meningkat.”
            Jika semua subsidi diabaikan ( ceteris paribus ) jika harga semakin murah maka permintaan atau pembelian akan semakin banyak dan sebaliknya. Jika harga semakin murah maka penawaran semakin sedikit dan sebaliknya.
            Akibat dari itu semua ingin mencari kepuasan ( keuntungan ) yang sebesar besarnya. Apabila harga terlalu tinggi maka pembeli akan membeli sedikit karna uang yang dimilki terbatas, namun bagi penjual dengan tingginya harga ia akan mencoba memperbanyak barang yang dijual atau di produksi agar keuntungan yang di dapat semakin besar. Harga barang yang tinggi juga bisa menyebabkan konsumen mencari produk lain sebagai pengganti barang yang harganya mahal.
           

C. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PERMINTAAN

            "Ketika kita berbicara tentang permintaan," tulis Robert Heilbroner dan Lester Thurow Ekonomi Dijelaskan, "kebanyakan orang berpikir kata itu hanya berarti volume tertentu pengeluaran, seperti ketika kita mengatakan bahwa permintaan untuk mobil telah jatuh mati atau permintaan untuk emas tinggi. Tapi bukan itu yang ekonom ada dalam pikiran ketika ia mendefinisikan kebutuhan sebagai bagian dari penjelasannya pasar. Permintaan berarti tidak hanya berapa banyak kita belanja untuk item tertentu, tapi berapa banyak kita belanja untuk item bahwa pada harga , dan berapa banyak kita akan menghabiskan jika harga berubah. " 
1. Perilaku konsumen atau selera konsumen.
2. Pendapatan atau penghasilan konsumen.
3. Perkiraan harga barang.
4. Banyaknya permintaan konsumen



                                                          .................................................



           

D. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENAWARAN

1. Biaya produksi dan kreativitas yang digunakan.
2. Tujuan perusahaan.
3. Tujuan pemasaran.
4. Ketersedian bahan baku.
5. Prediksi atau perkiraan harga barang di pasaran 


E. KURVA PERMINTAAN DAN PENAWARAN

Model permintaan dan penawaran menjelaskan bagaimana harga beragam sebagai hasil dari keseimbangan antara ketersediaan produk pada tiap harga (penawaran) dengan kebijakan distribusi dan keinginan dari mereka dengan kekuatan pembelian pada tiap harga (permintaan). Grafik ini memperlihatkan sebuah pergeseran ke kanan dalam permintaan dari D1 ke D2 bersama dengan peningkatan harga dan jumlah yang diperlukan untuk mencapai sebuah titik keseimbangan (equibilirium) dalam kurva penawaran (S).




                                                .................................................




BAB III
PEMBAHASAN


A.PERMINTAAN DAN PENAWARAN KEMBANG API
         Seperti tahun-tahun baru sebelumya, Tahun 2011 diwarnai dengan kegiatan yang dikenal dengan Malam Pergantian tahun . Menyambut pergantian tahun baru dengan tanpa mengadakan perayaan malam tahun baru rasanya tidak sempurna.
            Di malam tahun baru orang –orang cenderung mengadakan perayaan seperti mengadakan konvoi-konvoi, pesta musik, arek-arek dan lain-lain. Namun mengadakan perayaan pergantian tahun baru akan terasa kurang jika tidak ada kemeriahan kembang api.
      Hal tersebut merupakan salah satu faktor yang menyebabkan permintaan konsumen meningkat drastis terhadap kembang api.Tetapi hal itu tergantung pada prilaku,perkiraan harga dan penghasilan konsumen,karena keinginan dan kemampuan tiap konsumen berbeda,Namun meskipun begitu permintaan kembang api pada tahun baru sangat meningkat.Permintaan yang tinggi dari konsumen menyebabkan terjadinya peningkatan harga,sehingga produsen lebih banyak lagi menawarkan kembang api pada berbagai tingkat harga. Model ini sangat penting untuk melakukan analisis ekonomi mikro terhadap perilaku para pembeli dan penjual, serta interaksi mereka di pasar. Ia juga di jadikan tolak ukur dari berbagai model dan teori lainya. Teori ini memperkirakan bahwa dalam satu pasar yang kompetitif, harga akan menjadi penyeimbang di pasaran antara kualitas yang di minta oleh konsumen  dan kualitas yang di tawarakan produsen . Hingga akan terciptalah keseimbangan antara harga dan kualitas suatu barang tersebut. Harga keseimbangan kembang api terbentuk karena bertemunya permintaan dan penawaran pada suatu titik yang disebut titik equilibrium,namun sebelum terbentuknya harga keseimbangan tersebut,pasar mengalami kelebihan permintaan kembang api dan kelebihan penawaran kembang api.Harga keseimbangan atau disebut juga harga pasar adalah harga yang terbentuk pada tingkat dimana jumlah yang diinginkan penjual maupun pembeli adalah sama.Model ini mengakomodasi kemungkinan adanya faktor-faktor yang dapat mengubah keseimbangan,yang kemudian akan di tampilkan dalam bentuk terjadinya pergeseran dari permintaan atau penawaran.
      Dari peristiwa di atas selain keinginan konsumen terpenuhi sehingga menimbulkan kepuasan tersendiri bagi konsumen,produsen kembang api-pun juga dalam  pertumbuhan ekonominya akan mengalami peningkatan,dan hal itu sesuai dengan Ahli Ekonomi yaitu Adam Smith yang menyebutkan bahwa ada 3 faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi yaitu :
Ø  Jumlah Penduduk
(Semakin banyak jumlah penduduk suatu negara  membeli kembang api,maka semakin meningkat  pertumbuhan ekonomi produsen kembang api.)
Ø  Sistem Persaingan Bebas
(Persaingan bebas disini dalam arti antar produsen kembang api sportif dalam menjalankan usahanya,tidak ada kecurangan dalam berbagai asfeknya maka pertumbuhan ekonomi antar produsen kembang api akan mengalami peningkatan)
Ø  Pertumbuhan Penduduk
(Semakin meningkat pertumbuhan penduduk suatu negara,maka dalam pergantian tahun baru tidak menutup kemungkinan  semakin banyak pula penduduk yang membeli kembang api dan hal itu akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi produsen kembang api).



                                                             .................................................



B. FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN DAN PENAWARAN KEMBANG API.

           Menurut Robert Heilbroner dan Lester Thurow Pakar Ekonomi ketika berbicara tentang permintaan dijelaskan : "kebanyakan orang berpikir  dan berkata itu hanya berarti volume tertentu terhadap pengeluaran, seperti ketika kita mengatakan bahwa permintaan untuk mobil telah jatuh mati atau permintaan untuk emas tinggi. Tapi bukan itu yang ekonom,ada dalam pikiran ketika ia mendefinisikan kebutuhan sebagai bagian dari penjelasannya pasar. Permintaan berarti tidak hanya ada pada berapa banyak kita belanja untuk item tertentu, tapi berapa banyak kita belanja untuk item pada harga , dan berapa banyak kita akan menghabiskan jika harga berubah. "
           Dari pernyataan di atas maka di dapatlah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi permintaan dan penawaran pada kembang api.Adapun Faktor yang mempengaruhi permintaan pada kembang api yaitu :

1. Perilaku konsumen atau selera konsumen.

            Berdasarkan penelitian dan hasil wawancara kepada masyarakat,menyambut pergantian tahun baru dengan tanpa mengadakan perayaan malam tahun baru rasanya tidak sempurna dan akan terasa kurang jika tidak ada kemeriahan kembang api. Sehingga permintaan kembang api meningkat saat tahun baru dan penawaran produsen-pun meningkat..
            Namun ada  juga masyarakat yang menyebutkan perayaan tahun baru tidak perlu berlebihan yang hanya menghambur-hamburkan uang,cukup kita melakukan sujud syukur kepada Alloh SWT  yang masih memberikan kesempatan untuk merasakan tahun baru.
            Dari kedua pernyataan di atas dapat di ambil bahwa permintaan dan penawaran kembang api bergantung pada prilaku dan slera konsumen itu benar adanya.

2. Pendapatan atau penghasilan konsumen.

           Banyak orang yang dapat merayakan tahun baru,namun banyak juga orang yang tidak dapat merayakan tahun baru dengan pesta kembang api.Dan hal itu terbatas karena pendapatan/penghasilan seseorang.Dengan begitu permintaan dan penawaran kembang api pada tahun baru tergantung dari penghasilan konsumen.

3. Perkiraan harga barang.

           Semakin murah dan bagus kualitas kembang api maka semakin banyak permintaan terhadap kembang api,jika harganya sebaliknya karena mau bagaimanapun juga karena kebutuhan dan karena ada perasaan ada yang kurang merayakan tahun baru tanpa kembang api,menuntut konsumen memaksakan diri membeli kembang api,tetapi disini mungkin yang di batasi adalah jumlah pembeliannya.Untuk mencari titik tengah masalah tersebut sehingga timbullah harga keseimbangan antara harga dan kualitas suatu barang yang di sebut harga pasar.Model ini mengakomodasi kemungkinan adanya faktor-faktor yang dapat mengubah keseimbangan,yang kemudian akan di tampilkan dalam bentuk terjadinya pergeseran dari permintaan atau penawaran.

4. Banyaknya permintaan konsumen

           Banyaknya permintaan maka produsen akan lebih banyak lagi memproduksi kembang api dan disini mungkin ke dua-duanya sama-sama di untungkan,Konsumen akan memiliki rasa kepuasan tersendiri dengan dapat membelinya kembang api dan dapat merayakan tahun baru yang hanya datang satu tahun sekali,dan Produsen juga akan di untungkan karena omsetnya mengalami kenaikan.

            Sedangkan Faktor yang mempengaruhi penawaran  kembang api yaitu :
1.    Biaya produksi dan kreativitas yang digunakan.
Produsen akan meningkatkan penawarannya  jika biaya produksi bersahabat dengan produsen,juga kreativitas yang digunakannya bagus sehingga dapat memicu konsumen untuk membelinya.Tetapi sebaliknya jika Biaya Produksi tidak bersahabat dengan produsen,Namun karena bagaimanapun kembang api akan di cari konsumen untuk merayakan tahun baru maka produsen disini akan tetap memproduksi tetapi akan menaikan harganya berkali lipat,selain kembang api di cari oleh semua orang,melainkan karena biaya produksinyapun naik.

2. Tujuan perusahaan.

Perusahan kembang api pasti semuanya mempunyai tujuan tersendiri yang tujuan akhirnya sama,Tetapi disini sukses tidaknya suatu perusahaan kembang api bergantung pada nilai nilai moral yang di tanamkan oleh perusahaan sehingga konsumen-pun terpicu untuk membelinya.

3. Tujuan pemasaran.

Suksesnya suatu perusahaan kembang api bergantung pada tujuan pemasarannya,Jika tujuan pemasarannya bagus maka penjualannyapun akan bagus terhadap konsumen.Dan konsumen tidak akan membatasi permintaanya terhadap kembang api karena pemasaran kembang api yang tidak sulit di cari melainkan sudah di pasarkan dimana mana.

4. Ketersedian bahan baku.

Jika ketersediaan bahan baku terjangkau dan mudah di cari maka produsen akan meningkatkan produksi kembang api dan begitupun sebaliknya,Sehingga konsumen dapat membeli kembang api,

5. Prediksi atau perkiraan harga barang di pasaran
     Karena Kembang api merupakan barang yang di cari musiman/setahun sekali yaitu saat tahun baru,maka disini produsen akan meningkatkan penawarannya jika tahun baru,hal itu juga akan di lakukan jika harga mahal,bagaimanapun konsumen akan membelinya. Sedangkan tidak hanya tahun baru saja produsen tetap memproduksi kembang api sebab kembang api biasanya  menjadi highlight atau klimaks penutup suatu acara pembukaan festival dan disini harga kembang api akan mahal,selain itu juga kembang api bukan makanan yang apabila dalam jangka waktu dekat tidak terjual akan basi,melainkan kembang api merupakan barang awet.




                                                            .................................................



C.PENGARUH TAHUN BARU TERHADAP PERMINTAAN DAN PENAWARAN KEMBANG API.

Pengaruh tahun baru terhadap permintaan dan penawaran kembang api yaitu pertama pada permintaan,disini permintaaan konsumen terhadap kembang api akan semakin meledak,karena konsumen ketika itu akan menjadikan kembang api suatu kebutuhan untuk melengkapi merayakan tahun baru,konsumen tidak akan memperdulikan berapa besar harga kembang api karena mereka akan mengeluarkan uang berapa saja untuk merayakan pesta kembang api,dan hal ini biasanya terjadi pada kalangan atas,karena setelah melakukan penelitian,banyak masyarakat yang mengatakan bahwa merayakan tahun baru tanpa pesta kembang api itu akan terasa kurang dan hal tersebut merupakan salah satu faktor yang menyebabkan permintaan konsumen meningkat drastis terhadap kembang api.Tetapi hal itu tergantung pada prilaku,perkiraan harga dan penghasilan konsumen,karena keinginan dan kemampuan tiap konsumen berbeda,Namun meskipun begitu permintaan kembang api pada tahun baru sangat meningkat.
Kedua pengaruh tahun baru terhadap  penawaran,karena permintaan yang tinggi dari konsumen menyebabkan terjadinya peningkatan harga,sehingga produsen lebih banyak lagi menawarkan kembang api pada berbagai tingkat harga,dan Model ini sangat penting untuk melakukan analisis ekonomi mikro terhadap perilaku para pembeli dan penjual, serta interaksi mereka di pasar. Ia juga di jadikan tolak ukur dari berbagai model dan teori lainya. Teori ini memperkirakan bahwa dalam satu pasar yang kompetitif, harga akan menjadi penyeimbang di pasaran antara kualitas yang di minta oleh konsumen  dan kualitas yang di tawarakan produsen . Hingga akan terciptalah keseimbangan antara harga dan kualitas suatu barang tersebut. Harga keseimbangan kembang api terbentuk karena bertemunya permintaan dan penawaran pada suatu titik yang disebut titik equilibrium,namun sebelum terbentuknya harga keseimbangan tersebut,pasar mengalami kelebihan permintaan kembang api dan kelebihan penawaran kembang api.Harga keseimbangan atau disebut juga harga pasar adalah harga yang terbentuk pada tingkat dimana jumlah yang diinginkan penjual maupun pembeli adalah sama.Model ini mengakomodasi kemungkinan adanya faktor-faktor yang dapat mengubah keseimbangan,yang kemudian akan di tampilkan dalam bentuk terjadinya pergeseran dari permintaan atau penawaran.



                                                   .................................................




D.DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF ADANYA PESTA KEMBANG API PADA TAHUN BARU.

ü  Dampak positif adanya pesta kembang api pada tahun baru yaitu :
-Bagi produsen : Dapat menghasilkan keuntungan yang lebih dengan penjualan yang meningkat dari hari-hari biasanya,karena dengan adanya perayaan tahun baru permintaan kembang api meningkat sehingga produsen menawarkan kembang api lebih meningkat lagi.
-Bagi konsumen : Dengan dapat merayakan tahun baru sehingga menimbulkan kepuasan dan kegembiraan tersendiri bagi konsumen,yang dimana kepuasan dan kegembiraan  itu tidak terbayarkan oleh uang.

ü  Dampak negatif adanya pesta kembang api pada tahun baru yaitu dengan di lihat dari beberapa segi diantaranya :
§  Segi Ekonomi
Pengaruh negatif dari pesta kembang api pada tahun baru yaitu konsumen  cenderung boros untuk mendapatkan kembang api rela mengeluarkan ratusan ribu bahkan puluhan juta ,itu secara tidak langsung akan banyak uang yang  terbakar karena  hanya atas nama perayaan pergantian tahun baru.
§  Segi Agama
Pesta kembang api perayaan tahun baru merupakan pemborosan dan berlebihan.Hadist mengadakan  “Sesunguhnya pemborosan-pemborosan itu adalah saudara syetan “. Seharusnya malam tahun baru di jadikan sebagai perenungan dan doa kepada Alloh swt  agar menjadi manusia yang lebih baik lagi dari sebelumnya dan di lanjutkan membaca Al-Quran dan solat tahajud,bukannya bersuka ria. Dan yang lebih prihatin,dalam berita Liputan 6 SCTV mengatakan di Amerika banyak di temukan ribuan burung bergeletakan mati dimana-mana,dan hal itu menimbulkan dua asumsi,yang pertama itu terjadi akibat dari malam tahun baru,berpesta kembang api berlebihan sehingga memicu satwa dari langit mati,sedangkan asumsi lain menyebutkan matinya ribuan burung di Amerika setelah tahun baru itu bahwa hal itu pertanda mendekati akhir jaman. Oleh karena itu,Ingar-bingar pesta kembang api yang menandai perayaan penyambutan datangnya tahun baru merupakan sebuah tradisi yang perlu dikontrol demi keamanan dan mencegah pemborosan,karena harga kembang api dan sumbu ledak tidaklah murah.
§  Segi sosial
Dengan adanya perayaan pesta kembang api yang berlebihan hal itu akan memicu pertengkaran,keributan serta tempat-tempat umum yang di jadikan tempat perayaan akan menjadi kotor serta banyaknya berserakan sampah.



                                                          .................................................




BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN


A.KESIMPULAN
Untuk merayakan tahun baru orang –orang cenderung mengadakan perayaan seperti mengadakan konvoi-konvoi, pesta musik, arek-arek dan lain-lain.Hal tersebut merupakan salah satu faktor yang menyebabkan permintaan konsumen meningkat terhadap kembang api sehingga produsen akan lebih banyak lagi menawarkan kembang api pada berbagai tingkat harga.Dan hal itu menandakan bahwa pengaruh tahun baru pada permintaan dan penawaran kembang api menjadi meningkat drastis dari biasanya,karena semua itu timbullah danpak positif dan negatif bagi konsumen.

B.SARAN
Dengan adanya perayaan tahun baru mungkin hal itu sah-sah saja selama dalam tindakan positif dan tidak menentang aturan yang ada, Namun masyarakat jangan terlalu berlebihan dalam merayakan tahun baru,karena perayaan yang berlebihan menghasilkan danpak yang negatif bagi masyarakat itu sendiri. Dan Pemerintah perlu mengontrol serta turun tangan dalam perayaan tahun baru agar terjadi dengan sewajarnya dan tidak berlebihan sehingga tidak menganggu ketenangan masyarakat dan tetap tertib.




                                                          .................................................





REFERENSI


·         Http://Ekonomi mikro.com/
·         Http://Permintaan dan penawaran.com//



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar